Senin, 09 Januari 2017

Menggunakan Super Glue Untuk Pengganti Solder?

Setelah lama cari-cari FM module, akhirnya saya menemukan modul 433 MHz FM transmitter and receiver, dengan harga terjangkau. Cuma Rp. 14.000! Padahal umumnya komponen ini dijula dengan kisaran Rp. 30.000 ke atas, lho. Alhamdulillah, sesuatu banget.

Setelah COD, saya bergegas ke kost untuk segera memperbaiki kabel-kabel mikrokontroler saya. BTW, saya pakai Atmega8A-PU. Bisa dilihat sendiri komponennya seperti apa... :v


Yap, benar. Saya menghubungkan semuanya dengan kabel. NO PCB/Bread board. Kemarin bisa jalan normal jaya, anehnya sekarang enggak. Boro-boro jalan, diprogram aja gak bisa. Haduuuh..

Setelah saya analisa, ternyata sambungan kabel dan pin mikrokontrolernya sedikit bermasalah. Meski kabelnya sudah benar-benar melekat, ternyata arusnya sama sekali tidak mengalir (saya cek pakai led). Kenapa demikian? Saya yakin, karena saya menempelkan kabel-kabel ini dengan alteco, alias super glue. Hehehe... Terpaksa, sih. Cari solder belum juga kunjung ketemu.

Conclussions
Jangan pernah menggantikan peranan solder dengan lem super glue. Trust me!
Load disqus comments

0 comments