Selasa, 10 Januari 2017

Mengatasi Error Could Not Find SSB Device USBasp (Windows 8 / 10)


Saat memprogram AVR, muncul pesan error dari Khazama/AVRDUDE seperti di atas. Pesan di atas terjadi karena USBasp tidak terpasang dengan benar, atau belum ada driver USBasp. Namun, bagaimana jika ini terjadi meski driver sudah terinstall dan USBasp sudah terpasang dengan benar?

Ada 2 kemungkinan:
1. Driver salah install
2. USBasp rusak

Kalau sudah rusak, tamatlah. Tapi, sebelum menyimpulkan demikian, kita coba untuk mengganti driver ke versi lain atau versi terbaru. Sayapun pernah mengalami ini, karena menginstall driver dengan sotware installer Zandig dari situs official avrdude. Padahal official, tapi kenapa bisa bermasalah? mungkin driver tidak kompatibel dengan Windows 8 dan 10? bisa jadi...

Pemecahan masalahnya gampang, yaitu uninstall driver, lalu install versi driver yang tepat. Jika anda pengguna Windows 8 atau Windows 10, silahkan download driver USBasp untuk Windows 8 dan Windows 10 yang sudah saya uploadkan untuk anda. Kalau bukan, coba cari drver lain dari google, ya.

Berikut adalah langkah instalasinya:
1. Extract file tersebut
2. Uninstall driver
Buka device manager, lalu uninstall driver USBasp beserta driver yang dicadangkan oleh OS.


3. Install driver baru
Klik icon Scan for Hardware Changes di device manager. Klik kanan device USBasp -> Update driver software. Pilih opsi Browse my computer. Lalu pilih lokasi driver yang baru saja diekstrak.


Selesai. Sekarang boleh dicoba. Mudah-mudahan USBasp normal kembali.
Good luck :)
Load disqus comments

0 comments