Selasa, 10 Januari 2017

Inilah Kenapa Saya Suka Embarcadero C++ Builder 10.1 Berlin Starter Edition

Puas sekali rasanya setelah menginstall Embarcadero C++ Builder 10.1 Berlin Starter Edition ini. Mengapa? Rasanya sudah lama sekali saya ingin membuat program native dengan C++ dengan dimanjakan RAD tool untuk mendesain GUI. Tak disangka-sangka, hari ini saya menemukan impian yang sudah lama saya pendam ini. hehehe
embarcadero c++ builder icon

Tak dipungkiri, memang Visual Studio adalah IDE terbaik untuk pemrograman. Namun saya sedikit kecewa mengetahui kenyamanan RAD tool yang harus dibayar dengan output build yang bersifat non-native. Mau tak mau, aplikasi seperti ini harus dibayar dengan dependensi terhadap runtime -- .NET Framework.

Tidak ada yang salah dengan .NET. Hanya saja, dari sini saya merasa ada ketidak-konsistenan Microsoft untuk memberikan layanan prima bagi penggunanya. Ini terlihat dari banyaknya versi .NET yang ada. Setiap aplikasi biasanya dibangun dengan framework versi tertentu. Yang menjengkelkan, versi framework yang digunakan bukanlah ketetapan versi minimum framework untuk menjalankan aplikasi. Namun, framework yang dipilih tersebut terbilang strict untuk program. Jadi, misalnya program dibangun dengan framework versi 2, namun di komputer target hanya ada framework versi 3, user harus menginstall .NET versi 2 juga. Oh, meeen..

Dengan membangun aplikasi native, kita tidak perlu kawatir lagi soal depndensi yang aneh-aneh. Sebenarnya, sih, aplikasi non-native hanya berguna jika menargetkan lebih dari satu platform. Jika .NET bisa berperan seperti layaknya Java, tentu saja saya lebih prefer membuat aplikasi non-native. Sayangnya, ya, ituu. .NET hanya berorientasi ke produk-produk Microsoft. Saya pikir, tidak terlalu 'wah' jika memilih membangun aplikasi semacam ini.

Pada umumnya, pemrograman berbasis native perlu skill ekstra untuk memahami internal sistem dari target OS. Apalagi, jika harus berhadapan dengan project aplikasi GUI. Bayangannya graphical, tapi koding dan desainnya kebanyakan ngetik. :3

Beruntung sekali saya mengenal Embarcadero C++ Builder 10.1 Berlin Starter Edition yang saya peroleh secara gratis dari promo (klik juga untuk ikutan). Desain GUI sudah difasilitasi RAD, namun anehnya koding tidak serumit membuat aplikasi native untuk membangun GUI seperti biasanya.

C++ builder RAD GUI

Berikut, kode sederhana untuk menambah level progress bar. Jangan kaget dengan kode diluar method TForm2::Button1Click, ya. Semua itu auto generated, lhoh!

C++ builder code editor


Hasil build berjalan dengan lancar. Sudah saya periksa internalnya, dan, ya, memang benar bahwa output yang dihasilkan C++ Builder ini bersifat native. Sekarang, saya benar-benar tidak sabar untuk mewujudkan impian lama, yang dari dulu hanya sebatas angan. So, let's go coding again. :)

NB : Penulis sama sekali tidak ada maksud promosi atau semacamnya
Load disqus comments

0 comments