Senin, 07 November 2016

Ngeblog / Blogging Haram Hukumnya! Kecuali...

halal haram

Percaya atau tidak, semua aktivitas kreatif yang biasa orang kata ngeblog/blogging, adalah haram hukumnya. Ya, saya serius. Bahkan saya yakin, anda sering melihat blogger lain yang dengan mudahnya melakukan dosa, tanpa ada perasaan bersalah sedikitpun, padahal pikiran mereka tengah sadar bahwa mengapa hal yang  mereka lakukan tersebut dilarang dalam islam.  Tapi, saya yakin anda-anda yang sedang membaca tulisan ini sebagian besar adalah blogger syariah yang tahu akan yang baik dan buruk. hehehe

Iya, sekali lagi saya tegaskan, blogging itu haram. Eits, tunggu dulu. Ada kata kecualinya, ya...


1. Tidak Menipu dan Menyebarkan Kebohongan
"Tidak akan masuk surga orang yang suka menipu,kikir,dan yang bertabiat buruk." (HR.at Tirmidzi,dengan sanad “dhaif”)
"Sesungguhnya yang mengada-ada kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah" (Q.S. Al-Nahl: 105)

Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Wajib atasmu berlaku jujur, karena jujur itu bersama kebaikan, dan keduanya di surga. Dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena dusta itu bersama kedurhakaan, dan keduanya di neraka” (HR. Ibnu Hibban di dalam Shahihnya, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 591)


2. Tidak Merugikan Orang Lain
Dari Abu Sa’id, Sa’ad bin Malik bin Sinan Al Khudri radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda : “Janganlah engkau membahayakan dan saling merugikan”.
(HR. Ibnu Majah, Daraquthni dan lain-lainnya)


"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang Berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. dan janganlah kamu membunuh dirimu, Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu"
(QS Al-Nisa’ :29).

3. Tidak Mencuri Sesuatu dari Orang Lain
"Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Maka barangsiapa bertaubat (diantara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Al-Maidah : 38-39)


Dari Abu Hurairah, bahwasanya pernah dihadapkan kepada Rasulullah SAW seorang pencuri yang mencuri jubah, lalu mereka (para shahabat) berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya orang ini telah mencuri”. Maka Rasulullah SAW bersabda, “(Jika begitu) bawalah dia pergi, dan potonglah tangannya, lalu obatilah dia, setelah itu bawalah dia kemari”. Kemudian ia dipotong (tangannya), lalu dibawa kepada Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW bersabda, “Bertaubatlah kamu kepada Allah”. Pencuri itupun lalu menyatakan, “Sungguh aku telah bertaubat kepada Allah”. Lalu Rasulullah SAW berdoa, “Semoga Allah menerima taubatmu” (HR Daruquthni juz 3, hal. 102, no. 71)
Intinya, ngeblog hanya halal, apabila selama ngeblog kita...

6. Tidak Mengingkari Allah dan Agamanya; Menjalankan Perintah-Nya dan Menjauhi Larangan-Nya.
“Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya “ (Surah An-Nisa’ [4]:59)

“Dan taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul, jika kamu berpaling, maka sesungguhnya kewajiban rasul kami hanyalah menyampaikan (amanah Allah) dengan terang “
(Surah At-Tagabun [64]:12)
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dia berkata: “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,’Apa saja yang aku larang terhadap kalian, maka jauhilah. Dan apa saja yang aku perintahkan kepada kalian, maka kerjakanlah semampu kalian. Sesungguhnya apa yang membinasakan umat sebelum kalian hanyalah karena mereka banyak bertanya dan menyelisihi Nabi-nabi mereka’.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhâri dan Muslim)


Lalu, apa saja contoh dari aktivitas ]blogging yang tidak baik dan melanggar aturan agama?
  • Membuat situs porno
  • Menyebarkan berita hoax
  • Menyebarkan software atau konten bajakan
  • Menyuruh teman mengklik iklan
  • Copy paste tanpa izin
  • Membuat tulisan yang menjelek-jelekkan atau menghina orang lain
  • Dan masih banyak lagi.
Sebenarnya saat menulis tulisan ini saya juga malu sendiri. Sedikit flashback dan introspeksi, ternyata masih banyak kegiatan yang saya lakukan selama ngeblog melanggar perintah syariat islam. Untuk itu, saya mengajak teman-teman; yuk, kita hindari aktivitas ngeblog yang negatif. Kalau berat, setidaknya ayo kita mulai kurangi dengan berusaha sedikit demi sedikit. Dengan begitu, ngeblog bukan hanya memberikan manfaat, tapi juga berkah bagi penulis ataupun pembacanya.

Sekian dari saya, apabila tulisan ini kurang berkenan saat dibaca, saya minta maaf.
See you...
Load disqus comments

0 comments