Senin, 07 November 2016

Cara Membuat / Share Link Berita Facebook Palsu


Akhir-akhir ini sering ketemu link berita nyeleneh, kadang juga bikin penasaran bagi siapa pun yang melihatnya. Eh, tapi ketika di klik, link nya entah mengarah kemana. :D

Kemarin juga lihat, teman facebook melakukan hal demikian. Awalnya saya abaikan, karena saya merasa link seperti itu sudah biasa, pasti hoax lah. Kemudian salah satu user facebook berkomentar, ia bertanya bagaimana membuat link semacam itu. Dan ternyata, jawabannya sedikit membuka mata batin saya untuk mencoba memulai bereksperimen. :D
Ternyata modalnya simple, jawabannya "inspect element" !

Yuk, langsung saja kita bahas bagaimana step-stepnya, ya. Biar bisa langsung coba isengin teman. Haha. Iya, kan? Mau buat apa lagi, coba..

Pertama, siapkan sebuah link. Paste ke kotak status facebook kamu.


Tunggu sebentar, sampai preview muncul. Cuma beberapa detik, tergantung koneksi yang sedang kamu pakai.

Eits, sebentar. Jangan di klik "Kirim" dulu ya. Karena disinilah letak trik yang akan kita lakukan. Sekarang, klik kanan di salah satu poin area halaman facebook dan klik "Inspect Element/Inspeksi Elemen".

Carilah nama judul postingan dari link tersebut, melalui kotak inspeksi. Setelah ditemukan, ubah teks tersebut menjadi teks yang kamu mau. Caranya, klik dua kali pada teks yang ingin diubah. Temukan juga judul sama lain dalam kode dan replacement kembali, sampai kamu tidak bisa menemukan judul asli lagi di dalam kode tersebut.

Sebenarnya tidak semua nilai harus diubah. Sepertinya hanya nilai tersembunyi saja yang harus diubah. Kamu bisa lihat gambar berikut, ini adalah gambar elemen tersembunyi di inspect element yang wajib kamu modifikasi. Tapi biar menyederhanakan proseduralnya, lebih baik untuk eksperimen pertama ini, kamu replace semuanya saja.

Selain judul, cari juga deskripsi asli melalui inspect element, dan ganti juga dengan deskripsi baru yang kamu mau. Sumber berita juga bisa diubah, atau bahkan juga bisa mengganti gambar sumber yang asli. Namun, untuk pergantian link, percobaan saya terus saja gagal. Mungkin, teman-teman yang berhasil mengganti link nanti bisa menambahkan comment disini.

Yups, sekarang sudah saatnya melihat link palsu beraksi.
Klik kirim, dan biarkan teman-temanmu tertipu. hahaha :D

Btw, jangan disalahgunakan, ya. Cuma boleh untuk keperluan hiburan saja. Saya sendiri melakukan cara ini karena mempunyai niatan untuk menyinggung teman yang selalu rame menghina Pak Ahok. Padahal kalau dilihat track record-nya, Pak Ahok terlihat memiliki karakter kepemimpinan yang baik. Begitu, sih, kalau menurut saya. Dan, dari awal Pak Ahok memang tergenal tegas, cekatan dan tanggap. Seburuk-buruknya beliau, pasti memiliki kelebihan. Tapi, memang dasarnya manusia, suka cari-cari dan membesarkan kesalahan orang lain.

Saya sebenarnya sebagai orang islam marah saat agaman saya dihina. Tapi, saya juga introspeksi dulu sebelum memutuskan untuk ngoceh-ngoceh. Pernahkah saya menghina agama lain? Pernah! Jadi saya tidak akan menyinggung apapun soal kesetaraan hukum. Saya seperti orang tak tau diri jika melakukan itu.

Eh, kok jadi ngomongin politik yah..
Sampai dimana tadi?
Oh, sudah selesai :)) Yups, seperti itulah cara share link palsu facebook. Sekali lagi saya himbau, jangan gunakan untuk mencari keuntungan pribadi dan/atau meugikan orang lain melalui jalan orang lain yang meng-klik iklan ini. Jika dibuat aneh-aneh, resiko ditanggung penumpang.
Load disqus comments

2 comments