Jumat, 11 November 2016

5 Langkah Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2007, 2010 dan 2013


Karena daftar isi bekerja layaknya hasil pencarian Google, jadi kita harus tahu bagaimana membuat seluruh konten kita dapat dengan mudah terindeks di daftar isi tersebut. Seperti search engine, agar semua konten yang kita tulis mudah terindeks oleh daftar isi Microsoft Word, maka kita harus membuat konten tersebut terstruktur.

Yuk, langsung saja, kita follow triknya..

1. Terapkan heading untuk tiap judul bab
Pertama, terapkan Heading 1 tiap menulis judul bab. Lakukan dengan memblok teks judul. Lalu kita bisa langsung klik Heading 1 dari tab Home. Namun, biasanya warna teks akan berubah jadi biru di awal anda melakukannya. Ini karena Microsoft Word mengikuti format standar. Agar format teks tersebut mengikuti standar yang kita buat sendiri, klik kanan pada Heading 1 dan pilih Update Heading 1 to Match Selection. Untuk selanjutnya, kita cukup langsung klik Heading 1, ya. Tidak perlu melakukan Update Match Selection lagi.

2. Lakukan juga pada tiap judul sub-bab dan sub-sub-bab.
Setelah heading 1, lakukan cara yang sama untuk heading 2, heading 3, dst...

3. Buat daftar isiUntuk mmbuat daftar isinya, Lakukan melalui tab References. Pilih Table of Contents > Automatic Table.


Hasilnya akan seperti ini...


4. Agar judul bab Daftar Isi Terindeks, hapus tulisan Contents, lalu tulis Daftar Isi di bagian atas dan luar area daftar isi, lalu segera terapkan Heading 1.

Sekarang terapkan Heading 1...

5. Jika anda menambahkan bab atau sub bab baru, Jangan lupa update daftar isi tersebut. Tak perlu membuat yang baru lagi, kok.
Caranya, klik kanan di area manapun di dalam daftar isi yang anda buat, pilih Update Field.

Selamat, anda berhasil membuat daftar isi otomatis. Mudah kan?
Yuk, kita lanjut buat laporannya. hehehe :)
Load disqus comments

0 comments