Senin, 07 November 2016

5 Cara Sederhana Meningkatkan Pageviews Dengan Menata Ulang Blog

meningkatkan pageview

Pageview blog bisa datang dari berbagai sumber. Salah satunya yang paling berperan besar adalah search engine. Akan tetapi, mengoptimalkan SEO saja tidak cukup tanpa diimbangi dengan menyediakan artikel berkualitas. Dan, untuk yang ke sekian kalinya, artikel berkualitas belum cukup tanpa memperhatikan beberapa hal yang akan di bahas pada tulisan ini.

Pengunjung yang datang dari search engine sebagian besar adalah orang-orang yang sedang membutuhkan informasi. Jika kualitas tulisan kurang baik, tentu pengunjung akan berbalik dan mencari sumber lain. Nah, setelah kualitas tulisan yang baik terpenuhi, satu hal dasar yang terkadang dilupakan adalah menyediakan navigasi yang baik. Tanpa navigasi yang baik, pengunjung hanya akan merasa puas dengan kelengkapan informasi yang diberikan, tidak lebih.

Beda halnya dengan penambahan navigasi yang tepat, peluang pengunjunga untuk lebih betah berlama-lama di blog akan makin tinggi. Karena saat pengunjung merasa tertarik dengan tema blog anda, ia akan menginginkan lebih. Inilah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik, dan salah satu jalannya adalah memperbaiki navigasi.

Berikut ini adalah cara sederhana, terkait mengatur navigasi yang baik untuk blog anda.

1. Masukkan artikel dalam kategori/tag/label yang tepat
Ini masih terkait dengan penyediaan kualitas tulisan, tapi juga sedikit mengarah ke tata letak blog. Bayangkan jika pengunjung tertarik dengan salah satu tema yang ditunjuk label, tapi ternyata konten yang ada di dalamnya kurang relevan; tentu ini akan menurunkan image blog anda di mata pengunjung.

2. Buat tag secukupnya, tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak
Mengapa demikian? Jika kategori yang sedikit tentu memiliki cangkupan kriteria yang luas, sehingga beberapa konten mungkin secara tidak sengaja akan tidak sesuai dengan minat pembaca. Sama halnya dengan kategori yang terlalu banyak. Ini akan menyulitkan pembaca dalam memilih kategori yang tepat.

Jika sudah terlanjur, manfaatkanlah menu navigation yang mengarah ke tag yang isinya luas/tidak terlalu spesifik.

Hal lain yang juga penting terkait dengan hal ini adalah anda harus mengisi konten dari masing-masing tag secara konsisten dan seimbang, jadi tiap tag akan memiliki bobot yang sama.

3. Selalu tampilkan daftar tag/label dalam blog
Ini adalah kelengkapan untuk note yang kedua. Tempatkanlah daftar tag ini di tempat yang mudah dilihat, sehingga memudahkan navigasi pengunjung.

4. Sertakan archive widget
Cara ini bisa menjadi strategi jika ternyata unluckily penggunjung sulit menemukan konten yang ia cari. Tampilan judul archive akan menunjukkan konten blog anda secara lebih detail dan spesifik. Dan tentu saja, penempatannya juga harus mudah dijangkau.

5. Jika perlu gunakan page navigation dengan tampilan nomor halaman
Ini akan memudahkan pengunjung lama yang kembali di blog anda. Jika ia mencari postingan lama yang tertutup oleh postingan baru, tentu ia akan kesulitan jika harus beberapa kali meng-klik "Posting Lama" IYKWIM.

[UPDATE]
5.1. Jika menggunakan widget popular post
Kenapa dengan widget ini? Tidak ada yang salah. Sebaiknya, ubah preferensinya untuk menampilkan post populer dalam 7 hari terakhir saja. Sehingga, tampilannya akan lebih sering bergerak dan berubah mengikuti tren populer paling update saat ini.

Lalu, bagaimana dengan blog ini? yah, maaf mungkin masih buruk. Hahaha
Tapi, bukan berarti informasi yang saya berikan ini asal-asalan, lho. Coba saja dibuktikan sendiri. Meskipun belum ada bukti ilmiahnya; jika dinalar, 5 cara di atas tentu secara logis dapat meningkatkan pageview blog anda, kan?

Sekian tulisan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Wassalam, semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments