Senin, 17 Oktober 2016

Seperti Saham, Popularitas Bahasa Pemrograman Juga Ada Indeksnya


Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula bahasa pemrograman baru muncul. Semuanya seperti saling bersaing memperebutkan pelanggan. Saat permintaan naik dan jumlah barang tetap, maka harganya mahal. Dan, ketika harganya terlalu mahal, pembeli akan berhenti melakukan pembelian. Yang terjadi adalah, harga barang turun kembali.

Tapi, siapa sih yang mau beli bahasa pemrograman? Hahaha

Meskipun sebagian besar bahasa pemrograman tidak berbayar, naik-turunnya popularitas juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor; misalnya dari pihak internal diakibatkan oleh adanya update. Sdangkan jika dari luar biasa terjadi karena adanya sesuatu update dari developer IDE dari bahasa pemrograman bersangkutan.

Naik turunnya popularitas bahasa pemrograman bisa diketahui dari internet. Salah satu sumbernya adalah TIOBE. Dari sini, popularitas bahasa pemrograman dianalisa secara relatif dari beberapa faktor. Hasilnya kemudian dihitung dan diranking, sehingga diketahui popularitas masing-masing bahasa pemrograman.

"The TIOBE Programming Community index is an indicator of the popularity of programming languages. The index is updated once a month. The ratings are based on the number of skilled engineers world-wide, courses and third party vendors. Popular search engines such as Google, Bing, Yahoo!, Wikipedia, Amazon, YouTube and Baidu are used to calculate the ratings. It is important to note that the TIOBE index is not about the best programming language or the language in which most lines of code have been written." - TIOBE



Selain mengetahui pergerakan indeks nya, kita juga bisa melihat popularitas ranking setiap bahasa pemrograman.

Sumber : TIOBE Index

Pada tahun-tahun ini Java dan C bersaudara (C dan C++) memang terlihat saling bersaing. Memang diakui, kedua bahasa pemrograman ini adalah yang paling banyak digunakan oleh programmer di seluruh dunia, keduanya sudah seperti layaknya Euro dan dollar.
Load disqus comments

0 comments