Rabu, 19 Oktober 2016

<br> Atau </br> Atau <br/> ? Manakah yang Benar?


Masih belum lama main web programming. Dan, ternyata asyik juga. Salah satu tag yang sering membingunkan saya adalah <br>, </br> dan <br/>. Bagaimana tidak, ketiganya bekerja normal ketika digunakan.

Karena saya terbiasa menggunakan </br> maka sayapun selalu menggunakannya setiap kali bertemu HTML. Saya sama sekali tidak peduli, manakah diantara kode tersebut yang jelas benar. Asalkan kode berjalan baik, itu cukup. Tapi, setelah kemarin saya melihat dokumentasi PHP, ada penjelasan diluar topik yang menyentuh perhatian saya.

nl2br - Inserts HTML line breaks before all newlines in a string

Description
string nl2br (string string)
Returns string with '<br />' inserted before all newlines.
Note: Starting with PHP 4.0.5, nl2br() is now XHTML compliant. All versions before 4.0.5 will return string with '<br>' inserted before newlines instead of '<br />'.


XHTML adalah format HTML yang termasuk strict/ketat dalam urusan penulisan kode. Tidak boleh ada kesalahan sedikitpun dalam penulisan ataupun format kode. Berbeda dengan HTML biasa yang masih dapat mentolerir kesalahan tersebut. Jika ada sesuatu yang terkesan ambigu dalam HTML, maka pengetahuan XHTML adalah sokoguru yang akan menghilangkan kebingungan kita. Contohnya saja <b><i>Halo</b></i>. Jalan normal sih, tapi secara penulisan salah.

Setelah melihat penjelasan dari dokumentasi PHP tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa <br/> adalah yang paling tepat digunakan oleh XHTML. Semua ketentuan yang diterapkan oleh XHTML adalah strict dan tidak ada keraguan sedikitpun. Jadi, jika anda bingung menggunakan antara <br>, </br> atau <br/>; gunakanlah saja <br/> ?
Kenapa? karena XHTML tidak pernah salah. hehehe
Load disqus comments

0 comments