Minggu, 19 Juni 2016

Cukup Dengan Memori 68 KB Untuk Keliling Angkasa

Ada yang sudah kenal Voyager? Saya kira belum banyak yang pernah mendengarnya, apalagi sampai mengenalnya. Tapi, tentunya semua sudah tidak asing lagi dengan NASA kan?
Ya, Voyager adalah sebuah proyek yang dikembangkan oleh NASA untuk mengemban misi eksplorasi luar angkasa.





Dalam Voyager terdapat 3 jenis komputer, dan masing masing jenis berjumlah 2. Jenis komputer tersebut ialah:
  • Computer Command System (CCS) - 18-bit word, interrupt type processors (2) with 4096 words each of plated wire, non-volatile memory.
  • Flight Data System (FDS) - 16-bit word machine (2) with modular memories and 8198 words each
  • Attitude and Articulation Control System (AACS) - 18-bit word machines (2) with 4096 words each.

Jika ditotal, ternyata Voyager hanya memiliki memori sekitar 68 KB. Selain itu, menurut FAQ situs resmi Voyager, pengendali utama mampu berjalan pada frekuensi 4MHz, namun CPU hanya mampu mencapai frekuensi 250 KHz saja. Setiap instruksi diperkirakan membutuhkan waktu 80 microsecond untuk dieksekusi, dalam waktu 1 detik ada sekitar 8000 instruksi tereksekusi. Sangat berbeda jauh dengan mikroprosesor zaman sekarang yang pada umumnya telah mencapai satuan frekuensi GHz dan kecepatan eksekusi hingga angka milyaran instruksi per detiknya.

Ada 2 Voyager yang diluncurkan oleh NASA. Keduanya biasa dikenal dengan sebutan Voyager 1 dan Voyager 2. Jika dihitung, keduanya sudah berada di angkasa selama lebih dari 37 tahun, yaitu sejak peluncurannya pada tahun 1977.

Misi utama Voyager sebelumnya adalah melakukan eksplorasi Jupiter dan Saturnus. Kemudian Voyager 2 melanjutkan perjalanannya ke Neptunus dan Uranus. Dan sekarang, keduanya tengah bekerja untuk mencapai misi eksplorasi ke bagian paling tepi dari orbit tata surya. Sampai saat ini, Voyager adalah satu-satunya objek yang berhasil melakukan perjalanan terjauh dari bumi.

Sangat sulit untuk dipercaya, tapi begitulah faktanya. Voyager memberikan kita sebuah hikmah, bahwa kekurangan bukanlah suatu pembatas.

Info lebih lanjut: http://voyager.jpl.nasa.gov/faq.html

Load disqus comments

0 comments