Jumat, 11 September 2015

Meningkatkan Trafik Blog : Membuat Fans Page atau Meningkatkan SEO?


Sebenarnya trafik blog tidak begitu penting untuk blog pribadi. Yang terpenting, isi dari postingan dapat dipahami oleh setiap pengunjung yang membaca, dan akan lebih bagus apabila isi dari blog dapat menarik perhatian setiap pengunjung untuk terus membaca. Khusus untuk blog umum, trafik blog kadang lebih diutamakan daripada isi dari blog itu sendiri, terlebih lagi jika tujuan pembuatan blog itu untuk bisnis sampingan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan trafik blog. 2 diantaranya adalah membuat fans page blog dan meningkatkan SEO. Setiap cara tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun salah satu dari cara-cara tersebut mungkin cenderung efektif, tergantung tujuan anda.

Berikut ini adalah 2 strategi yang akan kita bahas, sekaligus kelebihan serta kekurangannya.
1. Meningkatkan SEO
Kita mulai dari yang paling umum, meningkatkan SEO. Dengan meningkatkan SEO, blog kita akan lebih mudah dikenali oleh search engine. SEO dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, misalnya; berkomentar di blog orang lain, menentukan kata kunci yang sesuai, submit link, dsb. Keunggulan serta kekurangan yang bisa didapatkan dengan menerapkan cara ini adalah sebagai berikut:
- Jangkauan pengunjung jauh lebih luas, dapat menjangkau pengunjung dari mancanegara
- Trafik cenderung tidak tetap, karena tingkat persaingan dengan blog lain sangat tinggi
- Lebih mudah dilakukan, namun tetap dengan kesabaran
- Pergantian domain dapat merusak trafik. Trafik blog akan turun drastis saat anda mengganti domain. Bahkan anda harus merancang strategi dari awal lagi.


2. Membuat Fanspage
Cara ini bukanlah tergolong baru, namun masih belum banyak yang menggunakan cara ini. Banyaknya pengguna Facebook menjadikan cara ini efektif untuk menggaet calon pembaca baru. Adapun kelebihan dan kekurangan dari metode ini adalah:
- Mencari likers butuh waktu yang lama, namun Anda masih bisa menggunakan banyak strategi promosi atau menggunakan jasa untuk meningkatkan like fanspage Anda
- Merubah domain tidak terlalu mempengaruhi trafik, karena mayoritas pengunjung Anda datang dari link yang anda share.
- Facebook menyediakan layanan promosi yang membuat Anda dapat memilih calon pembaca secara spesifik.
- Trafik lebih stabil bahkan dapat terus meningkat seiring dengan banyaknya likers fanspage Anda.


Strategi mana yang akan Anda pilih? Keduanya penting, jadi Anda harus menjalankan kedua strategi tersebut secara seimbang. Cara pertama mungkin akan efektif Anda lakukan di waktu awal, lalu cara kedua akan sangat penting dilakukan jika Anda ingin menambah trafik secara perlahan sekaligus mempertahankannya :)
Load disqus comments

2 comments