Jumat, 18 September 2015

Komputer Lemot, Ternyata SVCHOST.EXE Makan Banyak Memori


Saat browsing, rasanya tak seperti biasa. Performa laptop saya terasa menurun. Bukan koneksi wifi-nya, tapi sepertinya penyebab lemot berasal dari salah satu proses, karena lemotnya juga terasa sampai di program lain. Setelah saya teliti, task manager menunjukkan bahwa firefox.exe mengonsumsi memori lebih dari 200 MB. "Hmm, mungkin ada bug," gumam saya (Saya baru saja mengupdate firefox). Akirnya saya kill proses firefox.exe dari task manager. Tapi sepertinya penyebabnya bukan dari sini. Saya periksa satu per satu, tapi tak ada proses yang punya gelagat aneh.

Apanya ya, yang salah? Di bagian bawah pada task manager terdapat button "Show processes from all users". Saya coba klik, dan akhirnya saya menemukan...

Wow, proses monster!
Bukan cuma monster biasa, setelah di kill program ini akan bangkit lagi dan memakan sisa memori yang ada. Awalnya saya hiraukan, tapi hal ini semakin menggangu pekerjaan saya. Yang aneh, svchost.exe hanya lapar memori setiap koneksi internet aktif. Saya coba flashback ingatan aktivitas yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu. Saya kira penyebabnya adalah Firefox yang baru saja saya update. Namun, masalah itu tetap ada meski saya sudah meng-uninstall Firefox. Saya juga ingat, saya kemarin baru saja mengaktifkan windows update. Sudah lama sekali saya tidak mengaktifkannya, karena windows updater selalu mencuri banyak kuota internet. Saya tertarik untuk mengaktifkannya kembali karena saya baca dari beberapa artikel, Microsoft menyediakan layanan update Windows 10 secara gratis dan otomatis. Namun siapa sangka, entah apa masalahnya, mengaktifkan Windows update bisa mendatangkan maut bagi memori saya :v
Jadi sekarang saya coba untuk menonaktifkannya kembali.


Dan, Alhamdulillah, FIX. Ternyata inilah penyebabnya.. :D

Update:
Memang benar, penyebabnya Windows update. Tapi sepertinya, ini tidak bisa dihentikan secara permanen. Hari ini terjadi lagi, jadi saya masuk task manager -> Tab Services -> Klik kanan wuauserv -> Stop.
Mungkin anda punya tips tambahan? silahkan share lewat komentar di bawah :)
Load disqus comments

0 comments