Jumat, 08 Agustus 2014

Teknik Dasar Cheating Game dengan Cheat Engine

 
Bermain game memang menyenangkan, tapi belum seru kalau belum pakai cheat. Sebelum bisa dikatakan jadi master game, kita harus bisa nge-cheat dulu.Salah satu teknik cheating yang paling banyak dipakai adalah dengan menggunakan software Cheat Engine.
Teknik dasar cheating cukup sederhana, kita misalkan bahwa skor adalah yang akan kita ubah, maka yang harus kitalakukan adalah sebagai berikut.

1. BukaCheatEngine->File->Open process
Dalam tahap pertama ini, pilihlah proses yang berkaitan dengan game yang ingin kita cheat.

2. Mencari nilai di memori yang mirip dengan skor game

next:
Biasanya tipe nilai yang digunakan untuk skor dan nilai yang besar adalah 4 byte, so kita pilih 4 byte.





hasil pencarian:

3. Mengubah skor di game kita




Dengan mengubah skor game, nilai yang disimpan pada memori juga ikut berubah pula

4. Melihat perubahan nilai di memori yang searah dengan perubahan skor di game.
Jika yang sama ada 2 atau lebih, ubah sajake semuanya. Jika yang ditemukan terlalu banyak dan sulit ditemukan nilai yang mengalami perubahan, lakukan "next scan" untuk memfilter hasil yang sesuai. Seperti di bawah ini:
Dan seperti inilah hasil filternya:
5. Ubah nilai
Klik kanan pada nilai yang ingin diubah -> Change value








6. Selesai, lihatlah! skor ikut berubah!






NB:
Pada beberapa game dan sebagian besar game online, teknik cheating ini mungkin akan gagal, karena pengembangnya sudah memikirkan suatu cara untuk menghindari cheat. Oleh karena itu, untuk percobaan pertama, cobalah game-game kecil terlebih dahulu.




Read more

Kamis, 07 Agustus 2014

GTK Programming : GtkLabel


Di setiap user interface, label merupakan komponen yang sangat penting. Label berperan dalam memudahkan pengguna mengoperasikan program kita. Umumnya, label dimanfaatkan untuk memberikan keterangan cara penggunaan pada widget lain. Komponen utama dari label hanyalah teks, sehingga tidak terlalu banyak yang harus dipahami untuk mulai membuat label.

Let's Start
Untuk membuat widget GtkLabel, ada 2 fungsi baru yang harus kita ketahui, yaitu
  1. GtkWidget* gtk_label_new (const gchar *str);
    Fungsi di atas kita gunakan untuk membuat sebuah label beserta teksnya.
  2. void gtk_label_set_text (GtkLabel *label, const gchar *str);
    Fungsi kedua ini secara opsional harus kita ketahui jika ingin mengubah teks label.
Contoh kode:
#include<gtk/gtk.h>

int main(int argc, char *argv[])
{
    GtkWidget *window, *label;
   
    gtk_init(&argc, &argv);
    window = gtk_window_new(GTK_WINDOW_TOPLEVEL);
    gtk_window_set_title(GTK_WINDOW(window),"Hello world");
    label = gtk_label_new("Ini label");
    gtk_container_add(GTK_CONTAINER(window), label);
    gtk_widget_show_all(window);
    gtk_main();
    return 0;
}

Hasil
Hasil dari kode diatas akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Sementara itu, penggunaan fungsi gtk_label_set_text tidak ikut saya jelaskan disini. Cobalah bereksperimen dengan fungsi ini di rumah :)
Read more

GTK Programming : GtkSpinner


GtkSpinner adalah sebuah widget yang berfungsi dalam menunjukkan status dari sebuah proses. GtkSpinner dapat berjalan dalam 2 keadaan, yaitu berputar dan berhenti. Dalam keadaan berputar GtkSpinner dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa suatu proses sedang berjalan, begitu pula sebaliknya.

Let’s start
Ketika bermain dengan GtkSpinner, kita hanya harus mengenal 3 fungsi API, antara lain:

  1. GtkWidget *gtk_widget_new(void);
    Fungsi ini digunakan untuk membuat sebuah widget GtkSpinner baru.
  2. void gtk_spinner_start(GtkSpinner *spinner);
    Widget yang barusajadibuatmasihberadadalamkeadaanberhenti, untukmemulainya, kita dapat menggunakan fungsi ini.
  3. void gtk_spinner_stop(GtkSpinner *spinner);
    GtkSpinner yang dialihkan ke keadaan berputar dapat dihentikan kembali dengan fungsi ini.

Contoh kode:
#include <gtk/gtk.h>

int main(int argc, char *argv[])
{
GtkWidget *window, *spinner;
gtk_init(&argc, &argv);
window = gtk_window_new(GTK_WINDOW_TOPLEVEL);
gtk_window_set_title(GTK_WINDOW(window),"Hello world");
spinner = gtk_spinner_new();
gtk_container_add(GTK_CONTAINER(window), spinner);
    gtk_widget_show_all(window);
    gtk_spinner_start(GTK_SPINNER(spinner));
    gtk_main();

return 0;
}

Hasil
Berikut ini adalah hasilnya.
Selamat mencoba :)

Read more

Menerapkan Filter Liquify Pada GIMP

Liquify merupakan salah satu jenis filter yang sangat penting dalam manipulasi gambar bitmap. Liquify merupakan salah satu jenis filter yang sering digunakan dalam software p****s**p. Dengan menggunakan filter ini, gambar yang kita manipulasi akan terasa elastis dan lembut seperti air saat melalui proses editing, sehingga gambar sangat mudah dirombak sesuai dengan yang diinginkan.
Selain p****s**p, kita juga mengenal GIMP. Untuk pengguna baru sistem operasi Linux, mungkin memanipulasi gambar akan terasa sulit, karena p****s**p tidak bisa dioperasikan dalam sistem operasi ini, sehingga alternatifnya kita harus berpindah pada GIMP. Meskipun konsep dan pengoperasiannya tidak jauh berbeda, rupanya kita harus tetap banyak belajar, karena beberapa hal yang ada di p****s**p memupnyai nama lain di GIMP.
Filter liquify juga didukung oleh GIMP, akan tetapi kita akan menemukannya dengan nama sebutan lain. Dalam GIMP, filter semacam Liquify disebut sebagai IWarp.


Setelah menggunakan efek ini, kita bisa memanipulasi gambar sesuai dengan yang kita inginkan. Contohnya, seperti ini:

Sebelum:


Sesudah:
 
Read more