Minggu, 16 Maret 2014

Tidak Bisa Mengubah Kecerahan (Brightness) Setelah Install Ulang


Kemarin saya mencoba menginstall ulang laptop saya, Toshiba Satellite-C800 dengan sistim operasi Windows 8.1 Enterprise 64-bit. Sebelumnya sistim operasi yang saya pakai adalah sistim operasi built-in yang sudah terinstall sejak pertama kali membeli, yaitu Windows 7 Home Premium 32-bit.

Saya sama sekali tidak berpikir akan mengalami masalah. Sebelum ini, saya sering sekali menginstall bermacam-macam sistem operasi di komputer buntut saya yang ada di rumah. Sistem operasi yang sebelumnya pernah saya install adalah Windows XP, Windows 7, Ubuntu. Semuanya berjalan dengan lancar. Paling-paling masalah instalasi yang pernah saya alami cuma masalah kerusakan CD dan yang paling parah hardisk rusak gara-gara keseringan diformat pas install ulang.

Nah, balik lagi ke point sebelumya. Ceritanya begini, awalnya instalasi berjalan normal, tampilan instalasi mirip seperti Windows 7 dan berjalan normal seperti biasanya saat saya menginstall Windows 7. Dan, setelah menunggu sekitar 1 jam, Windows 8.1 Enterprise berhasil saya install. Ini dia tampilan Windows 8.1 di laptop saya(sudah ditambah beberapa program):

Tapi saya mulai melihat titik awal masalaha ketika saya merasa terganggu dengan kecerahan layar. Biasanya secara reflek, saya pakai Fn + F2 untuk menurunkan intensitas kecerahan layar. Tapi kok gak bisa yah?

Lalu saya cari kemana-mana, dan ketemu bagaimana caranya untuk mengatur brightness di Windows 8.1 secara manual, yaitu melalui Start -> Settings. Lhoh, anehnya icon brightness yang diperuntukkan untuk mengatur kecerahan terlihat disable. Setelah saya layangkan pointer diatasnya, muncul tooltip yang menunjukkan bahwa pengaturan tidak bisa diterapkan pada tampilan desktop ini.

Terpaksa deh, masuk kampus, buat cari tau solusinya. Setelah baca-baca, ternyata masalahnya adalah driver untuk graphic card laptop saya belum terinstall. So, intinya sekarang saya membutuhkan driver. Saya baru teringat kalau pas beli laptop ini saya dapat CD berisi driver untuk semua hardware yang dipakai laptop ini.
Langsung deh, laptopnya saya shutdown, masukkin tas. pas jalan baru ingat, kalau CDnya ada di kampung halaman :v
Bla...bla...bla... browsing... browsing...browsing... install...install...install..., dan akhirnya saya berhasil mendapatkan driver yang saya inginkan :D
Bagi kalian yang punya masalah sama seperti saya, silahkan download driver Intel Graphic untuk Toshiba di link berikut ini:
http://drivers.drp.su/Video_Intel/FORCED/NTx64/HD3000_9.17.10.3372/FORCED-NTx64-HD3000_9.17.10.3372-drp.exe
Kalau punya masalah sama, tapi merk laptopnya beda, coba searching di google gan, Good luck :)
Load disqus comments

4 comments